Friday, September 7, 2012

AURAT WANITA DAN HUKUM MENUTUPNYA

Posted by Cindy Aisyah Firdiah at 5:56 PM
Reactions: 
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Aurat wanita yang tak boleh terlihat di hadapan laki-laki lain (selain suami dan mahramnya) adalah seluruh anggota badannya kecuali wajah dan telapak tangan. Yang menjadi dasar hal ini adalah:

1. Al-Qur’an surat Annur(24):31
“Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman: ’Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan khumur (Ind: jilbab)nya ke dadanya…’”
Ayat ini menegaskan empat hal:
a. Perintah untuk menahan pandangan dari yang diharamkan oleh ALLAH SWT.
b. Perintah untuk menjaga kemaluan dari perbuatan yang haram.
c. Larangan untuk menampakkan perhiasan kecuali yang biasa tampak.
d. Perintah untuk menutupkan khumur ke dada.
keterangan:
Dari dalil tersebut pula kita memahami bahwa menutup aurat adalah wajib. Berarti menghasilkan pahala dan jika tidak dilakukan maka dosa. Kewajiban menutup aurat ini berlaku pada semua tempat yang memungkinkan ada laki-laki lain bisa melihatnya.

2. (Qs. Al-Ahzab: 59).
“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin: ‘Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.’ Supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu. Dan ALLAH SWT Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Keterangan:
menutup seluruh tubuh adalah kewajiban setiap mukminah dan merupakan tanda keimanan mereka.


3. Hadis Rasulullah SAW, bahwasanya beliau bersabda:
“Ada dua golongan penghuni neraka yang aku belum pernah melihatnya: Laki-laki yang tangan mereka menggenggam cambuk yang mrip ekor sapi untk memukuli orang lain dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang dan berlenggak lenggok. Kepalanya bergoyang-goyang bak punuk onta. Mereka itu tidak masuk surga dan tidak pula mencium baunya. Padahal sesungguhnya bau surga itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim)
Keterangan:
ancaman bagi wanita-wanita yang membuka dan memamerkan auratnya. Yaitu siksaan api neraka. Ini menunjukkan bahwa pamer aurat dan “buka-bukaan” adalah dosa besar. Sebab perbuatan-perbuatan yang dilaknat oleh ALLAH SWT atau Rasul-Nya dan yang diancam dengan sangsi duniawi (qishas, rajam, potong tangan dll) atau azab neraka adalah dosa besar.

2 comments:

Agus Setya said...

subhanallah sudah terang sekali perintah Allah SWT bahwasanya wanita harus menutup aurot

Cindy Aisyah Firdiah said...

Yup betul sekali :)

Post a Comment

 

Cindy Aisyah Firdiah Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review