Kamis, 01 Desember 2011

Mengatasi Jerawat

Diposkan oleh Cindy Aisyah Firdiah di 18.06
Reaksi: 


Apa saja faktor pemicu timbulnya jerawat?

1. Karena faktor genetik turunan orangtua.

2. Kelenjar minyak atau sebaceous yang diproduksi terlalu berlebih.

3. Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi.

4. Faktor hormonal seperti pada saat masa pubertas maupun pada saat menstruasi.

5. Adanya iritasi kulit.

6. Akumulasi sel kulit mati yang menghalangi atau penutup pori-pori.

7. Stress.


Cara Alami Mengatasi Jerawat


Bingung dengan masalah jerawat yang terus ‘menghantui’-mu? Coba deh cara tradisional dengan menggunakan bahan-bahan alami. Siapa tahu ampuh untuk kulit wajahmu!

1. Kulit Jeruk & Lemon

Keduanya mampu mengangkat kotoran dan residu dari kulit. Tumbuk kulit jeruk hingga halus, lalu campurkan sedikit air hingga terbentuk seperti pasta. Terapkan pasta kulit jeruk tadi ke area wajah yang berjerawat, diamkan lebih kurang 10 menit lalu bilas.








2. Mentimun

Kandungan antioksidannya mampu memberi efek menyejukkan dan menenangkan jerawat yang meradang. Parut halus mentimun, lalu tempelkan pada jerawat dan daerah yang berkomedo. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.















3. Madu


Teteskan madu murni ke cotton bud, lalu oleskan di bagian yang berjerawat, diamkan sekitar 10-15 menit, dan bilas. Lakukan cara ini setiap hari sampai jerawat mengering dan hilang.






 




4. Pepaya

Blender pepaya hingga halus, kemudian terapkan ke komedo dan jerawat yang meradang, biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih. Hasilnya, peradangan akan berkurang, serta kompleksi wajah lebih halus dan bercahaya.






 
5. Mentimun, bubur gandum, yogurt



Haluskan satu ketimun berukuran kecil dan satu cangkir havermut di dalam blender, kemudian diaduk. Campur adonan tersebut dengan yogurt. Oleskan masker ke wajah dan leher, tunggu selama 30 menit. Basahkan kain dengan air hangat dan usapkan ke wajah secara perlahan. Bilas sisa masker dengan air hangat.




 

6. Madu



Simpan madu di dalam botol dan hangatkan di dalam air panas agar teksturnya lebih cair dan bisa diaplikasikan ke wajah. Oleskan madu pada wajah dan leher, tunggu selama 30 menit, lalu bilas wajah dengan kain lap yang dibasahkan air hangat.






 



7. Kuning telur




Pisahkan putih telur dengan kuning telur. Tempatkan kuning telur di dalam piring, aduk dengan garpu atau kocokan. Oleskan kuning telur tersebut ke wajah secara merata, biarkan mengering selama 15 menit. Gunakan kain basah untuk menghilangkan kuning telur dan bilas wajah dengan air hangat.













8. Buah kenari dan yogurt

Hancurkan kenari sampai menjadi bubuk halus, buat sebanyak 2 sendok teh, campurkan dengan yogurt polos. Pijat wajah dengan campuran kenari dan biarkan selama 20 menit. Untuk menghilangkannya, bilas wajah dengan air hangat.













9. Baking Soda



Cukup ambil 1 sdm baking soda, lalu campur dengan air secukupnya sampai berbentuk pasta. Usapkan dengan lembut pada kulit wajah selama 10-15 detik, lalu bilas sampai bersih. Baking soda akan mengangkat kulit mati dari jerawat yang sudah kering. Wajahmu pun akan terlihat lebih bersih dan bersinar.







10. Putih Telur


Putih telur mengandung banyak protein, maka dapat digunakan sebagai masker untuk mencerahkan kulit wajahmu. Ambil satu butir telur, lalu pisahkan kuning dengan putihnya. Sisihkan kuningnya, kocoklah putih telur, lalu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilaslah.





11. Oatmeal



Oatmeal dapat menyerap minyak dengan baik dan juga dapat membersihkan jerawat di wajah. Masak oatmeal seperti biasa, lalu dinginkan. Aplikasikan oatmeal ke wajah sebagai masker, diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih, dan tepuk-tepuk perlahan dengan handuk untuk mengeringkannya.




12. Aloe Vera



Aloe vera biasanya digunakan untuk menghilangkan luka bakar, tetapi dapat juga dipakai untuk mengatasi luka bekas jerawat di wajah. Oleskan getah aloe vera pada bekas luka dan gunakan sehari sekali sampai bekas luka menghilang.




Cara menghilangkan bekas jerawat dengan Tomat

Tomat berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat, selain dipakai sebagai meperkaya cita rasa masakan. Cara meracik tomat agar jadi obat menghilangkan bekas jerawat tidaklah terlalu sulit. Cukup di iris-iris kemudian tempelkan pada bekas jerawat. Cara simpel ini cukup manjur untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan madu dicampur putih telur.
Jika tidak ada tomat, madu dan putih telur juga berkhasiat dapat menghilangkan bekas jerawat. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan madu dan putih telur juga tidak terlalu sulit. Cukup mencampurkan putih telur dan madu, aduk hingga merata dan sapukan ke bagian bekas jerawat.

Cara menghilangkan bekas jerawat menggunakan bawang merah.
Ternyata rempah-rempah satu ini juga amat manjur dipakai untuk menghilangkan jerawat serta mudah didapatkan. Ambil bawang merah secukupnya, parut hingga lumat dan oleskan ke area tempat bekas jerawat.

Cara Menghilangkan bekas jerawat pakai madu.
Sediakan madu secukupnya kemudian sapukan ke bagian wajah tempat bekas jerawat. Diamkan beberapa saat sambil di pijat dengan lembut. Setelah itu basuh muda dengan air bersih. Ingat, gunakan madu asli jangan madu tiruan.

Cara menghapus bekas jerawat dengan ampas teh.
Selesai membuat segelas teh, usahakan ampas teh tersebut jangan dibuang. Karena bekas ampas teh juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Tempelkan ampas teh tersebut ke bagian bekas jerawat.

Minyak Zaitun sebagai obat alami menghilangkan bekas jerawat
Khasiat minyak zaitun sangat banyak, salah satunya berkhasiat menghilangkan bekas jerawat. Pakai secara teratur supaya manjur, karena selain bisa menghilangkan bekas jerawat juga bisa mengempeskan bengkak bekas jerawat.


Mitos dan Fakta Seputar Jerawat




Penyebab jerawat karena sumbatan, kelenjar minyak yang berlebih kemudian ada kuman, mikro organisme.
Jerawat di masa remaja itu sebenarnya hal yang wajar. Karena pada masa puber ini, tubuh kita banyak mengalami perubahan hormon. Nah, saat itulah sebasea (kelenjar penghasil minyak) sedang aktif-aktifnya mengeluarkan lemak yang disebut sebum.

Semakin sering kita mencuci muka akan semakin baik.



Pembersih muka pada umumnya mengandung bahan kimia yang jika dipakai berlebihan, bisa merusak kulit kita. Jadi cukup bersihkan wajah 2x sehari, dan pilihlah pembersih yang lembut dan hypoallergenic.






 





Jerawat berkurang kalau kita sering memencetnya.

Seringkali di tempat facial jerawat kita dipecahkan supaya jerawat hilang. Padahal cara tersebut salah. Saat kita memencet jerawat, itu artinya kita sama dengan menyebarkan bakteri ke daerah sekitar jerawat itu. Kalau bakteri itu masuk ke dalam pori-pori yang terbuka, bisa bikin kulit jadi infeksi dan iritasi. Jadi, lebih baik biarkan saja jerawat itu pecah dan mengering dengan sendirinya.



Scrubing bisa mengurangi jerawat.


Faktanya, kita justru nggak boleh melakukan scrubing saat wajah sedang berjerawat karena akan membuat jerawat makin meradang dan iritasi.









Produk Olahan Susu Menyebabkan Jerawat

Dokter menyatakan, susu dapat menganggu fungsi hormon. Kemungkinan lain adalah gula dalam susu dapat meningkatkan kadar insulin yang sama efeknya dengan makan karbohidrat. Produk olahan susu antara lain keju dan yoghurt.










Makanan Berminyak Penyebab Munculnya Jerawat


Memang benar jika sebum--minyak alami-- kulit dapat menyebabkan jerawat. Tapi, minyak dalam makanan sama sekali tidak terkait dengan sebum pada kulit. Kulit berminyak bisa desebabkan karena faktor genetik dan hormonal. Misalnya pada masa kehamilan, masa sebelum datang bulan atau pada masa puber.





TIPS :


1.
Gunakan Pasta Gigi
Dilansir dari TypeF, dengan mengoleskan sedikit pasta gigi, jerawat akan mengempis dan kering dalam semalam. Hal ini karena pasta gigi mengandung triclosan, salah satu bahan antibakteri aktif.
Kandungan mentol dalam pasta gigi juga dapat membantu mengurangi minyak dan pembengkakan jerawat. Hanya saja, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang meyakinkan bahwa triclosan bermanfaat bagi jerawat.
Namun Kandungan dalam pasta gigi dapat menyebabkan iritasi kulit. Jadi, jika Anda memiliki tipe kulit kering dan sensitif, sebaiknya tidak melakukan perawatan ini.
Pasta gigi menjadi alternatif terakhir untuk mengatasi jerawat, Yang perlu diperhatikan adalah Cukup oleskan sedikit tepat di ujung jerawat, bukan keseluruhan kulit.



2. Lebih baik memakai sabun bayi



Sabun cuci muka yang ada di pasaran kalo kata dokter kulit terlalu keras bahannya untuk kulit wajah, lebih baik gunain sabun bayi, karena sabun bayi itu netral pH nya -- dokter specialis L*C yang bilang :D
kulit muka kita meskipun sudah memasuki masa dewasa tetap sangat sensitif.Boleh pake sabun bayi yang batangan atau yang cair.



3. Lakukan cuci muka dengan air hangat


Hal ini agar pori-pori wajah bisa terbuka dan kotoran yang menumpuk bisa terlepas dari pori-pori wajah kita









Jadi, kalau sekarang ini kamu sedang berjerawat, nggak perlu bete berlebihan, deh. Yang penting cari tahu info yang benar tentang perawatan wajah dan kunjungi dokter kalau kondisi jerawat memang benar-benar parah.


source : wolipop & gadis dan lainnya

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Cindy Aisyah Firdiah Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review