Rabu, 21 Desember 2011

PMS

Diposkan oleh Cindy Aisyah Firdiah di 11.21
Reaksi: 

Apa itu Sindroma Premenstrual (PMS)?
PMS adalah berbagai gejala fisik dan nonfisik yang dialami seorang perempuan, akibat reaksi tubuh terhadap fluktuasi kadar hormon yang terjadi menjelang menstruasi. Secara medis, hingga kini dilaporkan sekitar 100 gejala PMS, tetapi yang paling sering dialami adalah: nyeri dan kram perut, payudara kencang dan nyeri, kecanduan makanan tertentu, perubahan mood, mudah marah dan tersinggung, merasa depresi, perubahan nafsu makan, sakit kepala ringan, sulit berkonsentrasi,gangguan jerawat pada wajah bahkan gampang lelah dan susah tidur.


Apa Penyebab Sindroma Premenstrual (PMS)?
Sampai saat ini penyebabnya belum begitu jelas diketahui. Tapi ada kemungkinan hal tersebut erat kaitannya dengan perubahan hormonal dalam tubuh.



Bagaimana Cara Mengatasi Sindroma Premenstrual (PMS)?

Kurangi makanan bergaram, seperti kentang goreng, kacang-kacangan, dan makanan berbumbu, untuk mengurangi penahanan air berlebih.
Kurangi makanan berupa tepung, gula, kafein, coklat.
Perbanyak makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C dosis tinggi, seminggu sebelum menstruasi.
Makan makanan berserat dan perbanyak minum air putih.
Jika menstruasi cukup banyak mengeluarkan darah, perbanyak makan makanan atau suplemen yang mengandung zat besi agar terhindar dari anemia.



Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Selama Menstruasi?


Sering-seringlah mengganti pembalut, setidaknya setiap 4 jam sekali.
Saat membersihkan area 'V', lakukan dengan gerakan membersihkan dari arah depan ke belakang. Hal ini penting untuk dilakukan untuk menghindari perpindahan bakteri, virus dan berbagai pemicu gangguan kesehatan dari saluran pembuangan.


Ada baiknya jika wanita tak lagi mengeluh soal datangnya menstruasi, karena ada beberapa manfaat yang bisa didapat wanita saat sedang datang bulan. Seperti yang dikutip dari detikhealt, berikut lima manfaat tersebut.

1. Tubuh mengalami sinkronisasi
Dr Cheryl Pagel, dokter keluarga dari Banner Good Samaritan Medical Center mengungkapkan wanita yang mengalami menstruasi setiap bulannya, merupakan bukti bahwa tubuhnya melakukan sesuatu yang seharusnya dilakukan. Hal ini berarti tubuh berada dalam kondisi sinkron dan merupakan salah satu indikator kesehatan yang baik.

2. Tubuh mengalami hal yang positif
Menstruasi setiap bulan merupakan cara alami untuk mengatakan bahwa seseorang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus. Hal ini karena, jika seseorang memiliki tubuh yang gemuk akan menyebabkan menstruasi tidak teratur, kondisi ini akibat adanya lemak yang terakumulasi. Selain itu tubuh yang terlalu kurus juga bisa membuat menstruasi tidak teratur.

3. Hidup lebih lama dan bahagia
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa umur wanita cenderung lebih panjang ketimbang pria. Kondisi ini karena adanya zat besi yang hilang saat menstruasi.

4. Proses pembersihan tubuh
Menstruasi yang datang setiap sebulan sekali bisa membantu melepaskan bakteri dari sistem reproduksi dan memungkinkan tubuh untuk menghilangkan kelebihan zat besi, sehingga dapat menurunkan risiko alzheimer, penyakit jantung dan stroke.

5. Membuat penampilan lebih baik dan nyaman
Sebagian besar wanita tahu bahwa PMS bisa mendatangkan efek buruk seperti kembung, jerawat, kelelahan atau payudara sakit. Tapi biasanya setelah menstruasi datang dan berakhir, maka seseorang akan merasa lebih baik dan nyaman. Perubahan hormonal yang terjadi akan memberikan efek yang signifikan setelah menstruasi berlangsung sekitar 3-4 hari.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Cindy Aisyah Firdiah Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review